Magang di Islamic Center NTB

islamiccenterntbAlhamdulillah, kali ini aku diberi kesempatan untuk menambah ilmu geodesi melalui magang di proyek Islamic Center, Nusa Tenggara Barat. Lebih tepatnya di Jl. Langko Mataram, Kota Mataram, Pulau Lombok. Setelah kemarin selama semester 5 pada mata kuliah Survey Rekayasa dijelaskan tentang levelling lantai gedung, stake out, vertikalitas, dll, maka di tempat magang ini saya rasa tempat yang tepat untuk membedah lebih dalam materi tersebut di lapangan kerja yang sesungguhnya.

Bangunan yang paling menonjol dari Islamic Center ini adalah Minaretnya. Minaret IC akan dibangun setinggi 114 meter, sesuai jumlah Surat dalam Kitab Suci Al Qur’an, dapat diakses hingga ketinggian 99 meter, melambangkan asmaul husna. Pembangunan menara 99 itu dibiayai dari dana tanggung jawab sosial (CSR) Perusahaan tambang emas dan tembaga PT. Newmont Nusa Tenggara. Di Islamic Center tersebut selain sebagai pusat peribadatan juga terdapat Sekolah Model Islam Terpadu, pusat kajian islam serta IPTEK dan kompeks komersil.

Tanggal 28 Januari, hari pertama masuk magang. Seperti biasa saat baru pertama kali ketemu, kita perkenalan dulu dengan 4 orang penting proyek yang bekerja dilapangan di dalam ruangan tidak terlalu besar ber-AC dengan 4 meja ukuran sama dan 1 PC beserta printer. Keempat orang itu adalah orang Manajemen Kontraktor (MK), Bapak Alvian, Bapak Tarno, Bapak Bukhori dan Bapak Rizky. Setelah perkenalan kita bedah gambar, dikenalkan dengan gambar-gambar rencana pembangunan masjid. Di situ terdapat gambar umum masjid, gambar arsitektur, gambar mekanikal dan gambar elektrikal masjid. Gambar-gambar yang berjumlah ratusan lembar itu terdapat dalam 2 ukuran kertas, ukuran A1 dan A2. Keduanya dijilid dengan rapi. Di dinding tembok ruangan tertempel schedule pekerjaan, quality control dan gambar umum masjid Islamic Center. Di bagian luar kaca jendela tertempel jam kerja :

jam kerjaJam Kerja Islamic Center NTB

Di proyek tersebut terdapat satu Manajemen Kontruksi (MK) dan dua Kontraktor. MK-nya Puser Bumi, sedangkan kontaktornya WIKA dan Damai Indah Utama (DUI). Untuk PT. Wika khusus menangani pembangunan minaret 99, sedangkan PT. DIU menangani pembangunan masjid.

Setelah berkenalan dengan gambar masjid selanjutnya diantar oleh Bapak Bukhori ke Kantor Wika yang berjarak sekitar 100 m dari kantor MK. Di Wika kita dijelaskan tentang K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja), seperti pemakaian helm, sepatu boots, kacamata hitam, larangan buang sampah sembarangan, dsb. K3 benar-benar sangat ditekankan di sini.

Cukup intronya, saatnya belajar ilmu geodesi.

Levelling Kolom

Mirip stake out tetapi vertikal saja menggunakan waterpass. Tujuannya untuk menyamakan tinggi lantai tiap kolom tiang. Syaratnya kita harus punya satu tiang gedung yang menjadi acuan tinggi benar 1 m dari lantai. Caranya: kita tembak bak ukur yang didirikan di tiang acuan, baca benang tengahnya (ex. 1,111). Lalu kita pindahkan bak ukur pada tiang lain, arahkan pembawa bak untuk menggerakkan ke atas atau ke bawah sampai benang tengah terbaca angka yang sama dengan benang tengah saat di titik acuan (1,111). Tandai dengan spidol ujung bawah bak ukur sebagai tandai titik tersebut memiliki ketinggian satu meter di atas lantai.

Kalau ingin yang lebih akurat, bisa dilakukan dengan cara mengatur ketinggian alat waterpass setinggi 1 m. Kita tidak perlu lagi menggunakan bak ukur cukup mengarahkan wp pada tiap tiang lalu tandai tiang tersebut. Namun, untuk cara ini membutuhkan waktu yang cukup lama karena harus memperhatikan centering alat dengan ketinggian yang benar-benar 1 m tepat.

Pelurusan Titik

Tujuan pelurusan titik adalah untuk marking titik sebagai penempatan tiang baja. Syaratnya kita mempunyai dua titik acuan yang berada di kedua ujung dan titik perkiraan yang berada dibawah kerangka yang akan dipasang tiang baja. Tugas kita mencari titik-titik diantara kedua titik tersebut sesuai kebutuhan. Caranya: set Total station di titik perkiraan, tembakkan ke arah titik acuan, kunci pemutar horisontal, putar teropong ke arah titik acuan satunya. Jika belum tepat pada titik tersebut, ulangi set alat dengan mengeser TS sampai kedua titik acuan berada pada garis lurus. Lalu tembak titik-titik yang lain tanpa membuka pengunci pemutar horisontal. jangan lupa beri tanda yang terlihat jelas pada tiap titik.

titik kolomTanda Pelurusan Titik untuk Pemasangan Baja

Tidak selamanya dalam proyek surveyor itu ada kerjaan terus. Adakalanya kita juga perlu mempelajari ilmu yang tidak termasuk dalam radar kita. Dalam magang, ilmu apapun hendaknya tidak kita remehkan, baiknya kita juga mempelajari walaupun sekedar sekedar sebagai pengetahuan saja. Uji beton. Berhubung surveyornya lagi ga ada kerjaan, kita diajak ke Laboratorium Dinas Pekerjaan Umum untuk uji beton.

Pada tiap beton yang berbentuk kubus ukuran 15 cm terdapat sisi bertuliskan keterangan identitas beton tersebut. Identitas nama proyek tempat beton tersebut akan digunakan, kualitas beton dan tanggal pembuatan.

betonContoh Beton

Semakin besar nilai K maka semakin bagus kualitas beton tersebut.  Alat yang digunakan seperti ini ni:

alat tes betonAlat Uji Beton

Di sela-sela istirahat di mushola kita diberi banyak ilmu oleh Bapak Bukhori, ST tentang manajemen proyek.  Bahas tentang tender-tender proyek, pekerjaan kritis, sampai lingkungan sosial dan masyarakat. Pekerjaan proyek itu intinya adalah gambar dan hitungan (RAB).

H-3 magang, kita diajak perpisahan makan durian sepuasnya sampai ‘mendem duren’. Gimana ga mendem durian sebanyak itu dimakan dalam sekali waktu. Makannya saat hujan lagi, tambah mendem. (ga ngaruh kali) haha

mendem durenMendem Duren

Magang kali ini benar-benar penuh kesan. Terima kasih untuk bapak-bapak terutama yang di MK dan khususnya Team Leader Puser Bumi dan para surveyor serta partner magang, Adib dan Randy. Semoga ilmu kita bermanfaat dan dimanfaatkan dengan benar tidak untuk hal yang negatif. Kita luar biasaaa :D

About these ads

3 pemikiran pada “Magang di Islamic Center NTB

Pembaca yang baik meninggalkan jejak di sini :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s