Menyesal

Gambar

Menyesal merupakan suatu sikap di mana kita merasakan apa yang telah kita lakukan salah dan kita baru sadar ada yang benar atau lebih benar/baik setelah suatu kejadian terjadi. Ga mungkin kan kita menyesal tapi kejadian tersebut belum terjadi. Kalupun ada yang bisa merasakan penyesalan seperti itu, berarti dia punya indra ke-6. Awalnya aku menganggap menyesal adalah perasaan yang ga enak, menyedihkan bahkan kegiatan yang tidak ada gunanya. Lalu, buat apa menyesal kalau tidak ada gunanya. Kalau masih tetap bersikukuh pengen menyesal, nikmati aja penyesalannya.

Hal yang paling diinginkan bagi seorang yang menyesal adalah memutar waktu kembali. Sesuatu yang sangat mustahil, namun pasti banyak yang masih memikirkan hal tersebut sambil berandai-andai mempunyai mesin ‘lorong waktu’, yang bisa membawa waktu kembali dan mencegah atau merubah keadaan agar tidak menyesalinya.

Sebenarnya tidak sepenuhnya menyesal itu perbuatan yang sia-sia. Menyesal bisa bermanfaat jika kita bisa memanfaatkannya. Kita bisa memanfaatkan penyesalan sebagai suatu pengalaman yang sangat mahal harganya jika dijual di pelelangan penyesalan.”Pengalaman adalah guru yang paling baik”. Kita bisa mengambil hikmah bahwa kita harus lebih mempertimbangkan segala sesuatu yang akan kita kerjakan dengan baik-baik. Jangan asal ikutan aja, tanpa memikirkan keuntungan dan kerugian dari hal yang kita kerjakan tersebut.

Ada beberapa tipe penyesalan :

  1. Menyesal sia-sia, menyesal yang terlalu diratapi lama, menyesal yang malah membuat membenci hal yang disesali atau bertindak tak sehat. Bertindak (salah) > menyesal > gantung diri.
  2. Menyesal yang bermanfaat, mengambil hikmah dan manfaat dari kejadian itu dan saatnya ‘moving on’. Bertindak (salah) > menyesal > belajar menghibur diri.

Tidak semuanya yang kita sesali, yang kita anggap salah atau tidak tepat buat kita itu sesuatu yang merugikan. Mungkin juga hal tersebut sebenarnya yang terbaik buat kita, karena mungkin saja ada rencana Allah yang lebih baik buat kita. Maka dari itu wajib hukumnya bagi kita untuk selalu bersyukur dengan apapun yang sedang kita alami sekarang ini. Menyesal saya anggap sebagai proses pendewasaan diri. Jadi, Keep moving forward dan positive thinking aja…#keepsmile🙂

Pembaca yang baik meninggalkan jejak di sini :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s