Energi Terbarukan Untuk Indonesia

Gambar

Energi terbarukan adalah energy yang berasal dari alam seperti cahaya matahari, angin, tenaga air, tenaga gelombang dan geothermal yang dapatdiperbarui secara ilmiah. Alam menyediakan sumber energi yang tidak terbatas jumlahnya yang selalu ada untuk diolah.

1. Solar Cell

Solar cell adalah teknologi merubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik dengan menggunakan photovoltasics.

2.Wind Power / Tenaga Angin

Wind power adalah teknologi memanfaatkan tenaga angin untuk menghasilkan energi listrik dengan menggunakan kincir angin.

3. Hydropower / Tenaga Air

Hydropower adalah teknologi memanfaatkan tenaga air untuk menghasilkan energi listrik dengan menggunakan kincir air, dewasa ini disebut hydroelectric.

4. Biomass (Plant Material)

Energi terbarukan yang berasal dari matahari melalui proses photosintesa tanaman. Biomass berfungsi sebagai aki tempat penyimpanan energi surya.

5. Hidrogen

Hidrogen memiliki potensi yang luar biasa. Setelah dipisahkan dari unsur lain, hidrogen bisa digunakan untuk menggantikan gas alam.

6. Energy Geothermal (Energi Panas Bumi)

Energi yang dihasilkan dengan cara mengambil panas bumi.

7. Energi Samudra

Energi yang memanfaatkan gelombang laut dan pasang surut untuk menghasilkan listrik dan energi panas yang tersimpan dalam air laut dapat diubah menjadi energi listrik.

Energi terbarukan masih belum dimaksimalkan dan masih bergantung pada energi berbahan fosil. Padahal jika bisa memanfaatkan energi terbarukan, krisis energi yang dialami oleh negara berkembang bisa teratasi. Karena energi terbarukan merupakan energi yang secara alamiah tidak akan habis dan dapat berkelanjutan jika dikelola dengan baik dan benar. Disamping itu, energi terbarukan lebih ramah lingkungan, aman, dan terjangkau di kalangan masyarakat. Sedangkan jika kita hanya mengandalkan energi berbahan fosil akan menyajikan banyak masalah. Bahan bakar fosil akan habis atau menjadi terlalu mahal, menyebabkan polusi udara, air dan tanah, dan menghasilkan gas rumah kaca yang menyebabkan global warming.

Untuk negara Indonesia sendiri, Energi berada di urutan ke-7 Prioritas Nasional di bawah reformasi birokrasi, pendidikan, kesehatan, kemiskinan, ketahanan, dan infrastruktur.

Kebijakan pemerintah Indonesia dalam pemanfaatan energi terbarukan masih dirasa kurang mendukung. Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 5 Tahun 2006 tentang kebijakan Energi Nasional. Dalam Bab II Pasal 2 Peraturan Pemerintah tersebut, target konsumsi energi yang digunakan di Indonesia pada tahun 2025 meliputi :

  • Minyak bumi < 20%
  • Gas bumi > 30%
  • Batubara > 33%
  • Biofuel > 5%
  • Geothermal > 5%
  • Energi baru dan terbarukan lainnya (biomassa, nuklir, tenaga air skala kecil, tenaga surya, tenaga angin) > 5%
  • Bahan bakar lain yang berasal dari pencairan batubara > 2%

Berdasarkan Peraturan pemerintah tersebut bisa disimpulkan bahwa target pemanfaatan energi terbarukan di Indonesia pada tahun 2025 hanya sekitar 15% dan selebihnya masih bergantung pada energi berbahan fosil.

Potensi negara Indonesia sendiri dalam sumber daya energi terbarukan cukup besar. Letak geografi Indonesia yang berada di ekuator dengan paparan sinar matahari 12 bulan setahun. Selain itu, Indonesia juga memiliki 80.000 km garis pantai dengan kekuatan angin yang cukup besar. Energi terbarukan lainnya, panas bumi dan gelombang.

Namun yang paling cocok untuk dikembangkan di Indonesia adalah panas bumi. Dengan 40% cadangan panas bumi yang dimiliki Indonesia bisa mencapai sekitar 27.825 megawatt thermal atau setara 12 miliarbarrel minyak atau senilai 716 miliar dolar AS. Sejauh ini baru sekitar 4,2% atau sebesar 1.100 MW yang telah dimanfaatkan.

Menurut Arif Fiyanto, perwakilan Greenpeace Indonesia untuk Asia Tenggara, Pemerintah Indonesia belum memanfaatkan energi terbarukan secara maksimal. Baru sekitar 5% dari total listrik di Indonesia berasal dari energi terbarukan, sisanya adalah minyak, batubara dan gas bumi

Jadi, saatnya mulai memanfaatkan dan memaksimalkan energi terbarukan Indonesia yang kaya ini untuk masa depan negara menuju lebih baik serta berperan dalam mencegah pemanasan global.

Pembaca yang baik meninggalkan jejak di sini :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s