Tour de Wonosobo

Kabupaten Wonosobo, adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Ibukotanya adalah Wonosobo. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Magelang di timur, Kabupaten Purworejo di selatan, Kabupaten Kebumen dan Kabupaten Banjarnegara di barat, serta Kabupaten Batang dan Kabupaten Kendal di utara.

Kabupaten Wonosobo berdiri 24 Juli 1825 sebagai kabupaten di bawah Kesultanan Yogyakarta. Kata Wonosobo berasal dari bahasa Jawa: Wanasaba, yang secara harafiah berarti: “tempat berkumpul di hutan”. Bahasa Jawa sendiri mengambilnya dari bahasa Sanskerta: vanasabhā yang artinya kurang lebih sama. Kedua kata ini juga dikenal sebagai dua buku dari Mahabharata: “Sabhaparwa” dan “Wanaparwa“.-kutipan dari Wikipedia

Jalan-jalan kali ini merupakan jalan-jalan untuk bukan untuk mengisi waktu kosong tapi justru untuk meninggalkan waktu kuliah. Dengan berbagai alasan: pertama pengen refresing setelah UTS, kedua dikarenakan lingkungan/teman-teman lain juga ada yang meninggalkan kuliah (baca:bolos), dan beberapa alasan tidak kuat lainnya. Alasan pertama ada sebenarnya karena alasan kedua, tapi alasan pertama tetep bisa berjalan tanpa alasan kedua. Don’t try this at home!! Trust Me…😀

Rabu, 9 Mei 2012; 07:21 WIB- Perjalan ke Wonosobo dimulai dengan do’a, mengisi bensin dan mengisi angin ban, tanpa mengisi perut. Perjalanan 4 motor beserta 7 orang (@aliamirrudin,  @au_fann @Alvian_Danu , @regulusbya , @Rezky_YS ,najib, rudi) ini berjalan lancar tanpa halangan yang berarti sampai di Temanggung. Sampai pada akhirnya harus diberhentikan secara paksa oleh polisi di perempatan ‘angker’. Karena melanggar marka yang ga begitu jelas beserta lampu lalu lintas yang ga kelihatan dari jauh. Mengapa disebut ‘angker’, karena menurut orang sekitar hanya perempatan inilah yang sering ada operasi.

Gambar

Setelah melewati hadangan polisi dengan lembaran kertas, perjalan dilanjutkan dengan melewati daerah sawah dan pedesaan yang tidak menghadang. Sampai akhirnya sampai pada gerbang ini pada pukul 09:51 WIB (menurut jam di foto). Setelah mengabsen desa yang akan dilewati seperti yang tertulis di menu Maps hape, ketemulah kita dengan alun-alun Wonosobo.

Gambar

Beberpa menit kemudian Zaki Ulil (20 th,Geodesi Undip 2010) menjemput dan mengantarkan ke rumahnya, tempat menginap kita.

Gambar

First Destiny, Telogo Warno.

Gambar

13.58 WIB-Sekitar 40 menit dari rumah Ulil, kita sampai di tujuan pertama. Beberapa meter dari pintu masuk, kita akan menemui telaga yang luas dengan warna kehijauan, dikelilingi jalan selebar 2 meter beserta pepohonan di kiri-kanan. Di sana juga ada beberapa gua. Suasana beserta udara dingin yang menenangkan jiwa. Tempat yang indah untuk foto-foto. Termasuk kami, tidak henti-hentinya foto narsis dengan dua camdig.

Second Destiny, Kawah Sikidang, Banjarnegara.

Gambar

14:56 WIB-Bau belerang dari kawah sudah tercium tajam mulai dari parkiran. Maka sangat disarankan untuk memakai masker. Untuk mencapai kawah, kita harus berjalan kaki sekitar 500m. Di sini kita bisa melihat bukit-bukit dengan batuan putih kekuning-kuningan, entah apa namanya. Sekitar kawah diselimuti kabut putih yang tebal dari uap kawah. Yang menambah kerenya foto-foto kita😀. Air dikawah mendidih sangat panas, terlihat dari gerakan air yang menggumpal-gumpal ke atas.

Third Destiny, Candi Dieng

Gambar

15:47 WIB-Sebenarnya bukan candi dieng namanya tetapi kata temenku, terkenalnya dengan nama itu. Tidak berbeda jauh dengan tempat wisata alam lain, untuk sampai di candi kita harus jalan kaki. Suasana sore, adalah suasana yang paling tepat untuk main ke tempat ini. Karena udara yang sejuk mengarah dingin membuat suasana makan gorengan semakin nikmat. Seperti yang kami lakukan saat itu.😀

Gambar

Selain mendukung untuk makan gorengan, suasana dan pemandangan di candi mendukung juga untuk mengganti foto profil di facebook. Terbukti beberapa temanku mengganti foto mereka dengan foto saat di sini.

Fourth Destiny, Kolam Renang Kalianget

Gambar

Tempat refresing kita yang terkahir adalah kolam renang. Yang membedakan kolam renang Kalianget dengan kolam renang lainnya adalah adanya kolam dengan air hangat. Tanpa mempertimbangkan kolam-kolam lain yang lebih luas dengan air yang lebih bening, kita semua langsung menceburkan diri ke dalam kolam dengan air yang berwarna agak kehijauan. Tanpa memikirkan penyebab warna air kolam, yang penting hangat dan menyegarkan. Dangkalnya kolam tidak mengurungkan niat kita untuk foto melompat di atas kolam, walaupun hasil lompatanya tidak sempurna dengan ekspresi yang agak aneh.😀

Gambar

Setelah merencanakan strategi dan estimasi kepulangan menuju Semarang. Kita mampir ke pusat oleh-oleh Wonosobo, dekat dengan rumah Ulil. Setelah berdiskusi, akhirnya kita memborong dua kardus Carica untuk oleh-oleh teman-teman yang ga bisa ikut kita. Setelah membeli oleh-oleh, dilanjutkan dengan makan mie ongklok khas Wonosobo. Mie gepeng dengan kuah kental yang cocok ditemani dengan sate sapi. Rasanya mantaap dah pokoknya. Ini buktinya :

Gambar

ga ada yang sadar kamera kan. Liat kaos merah sampe milirik mie orang lain😀

Akhirnya kita selesai me-refresh otak yang telah dipakai buat mikir UTS dalam 2 minggu terakhir. Benar-benar pengalaman baru yang seru dan menyenangkan dengan bukti ratusan foto yang telah kita jepret. Terima kasih buat Zaki Ulil yang telah menerima kami dengan segala kegaduhan dan kekurangan. Maaf telah merepotkan sekeluarga dan memenuhi ruang tamunya.🙂

TAMBAHAN PENTING : Jika saat kita berangkat kita kehilangan beberapa lembar kertas (baca:uang), saat pulang kita hampir kehilangan teman kita yang lupa ga diboncengin (lihat yang memakai sweater bertuliskan ‘I LOVE YOU’). Apa mungkin karena sudah puas  setelah foto di depan kantor ini ya?!? Haha

Gambar

Selain membangun silaturahmi, kita juga bisa jalan-jalan dengan beberapa manfaat lainnya. Salah satu manfaat silaturahmi adalah memperpanjang umur… #ciptakansilaturahmi

3 pemikiran pada “Tour de Wonosobo

Pembaca yang baik meninggalkan jejak di sini :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s