Magang at BPN Sragen

Magang adalah suatu kegiatan pembelajaran untuk mengenal lebih dalam dunia kerja, menambah pengalaman, meningkatkan kualitas kerja. Bagi mahasiswa magang merupakan syarat wajib untuk menyelesaikan kuliahnya. Walaupun kadang tidak menggunakan istilah ‘magang’.

Kegiatan magang bagi semester 3 seperti aku sekarang ini di jurusanku, sebenarnya bukan hal yang wajib harus dikerjakan. Namun karena  rasa ingin tahu teman-teman dan melihat pengalaman dari kakak tingkat, jurusan kami diperbolehkan magang walaupun masih semester awal. Selain untuk tujuan diatas, magang juga untuk mengisi liburan agar tidak garing di rumah saja.

Langsung aja yak. Cerita pengalaman magangku selama di BPN Sragen selama bulan Februari 2012.

1st Week

Minggu pertama, setelah mengikuti apel pagi dan ijin ke Kasubag dan kasubsi. Dilanjutkan perkenalan dengan pegawai-pegawai BPN. Ternyata pegawai-pegawai BPN tersebut banyak yang alumni dari SMA-ku, jadi lumayanlah ada bahan obrolan. Walaupun kebanyakan kakak kelas selisih 2 th denganku.

Tugas pertama, digitasi peta.

Kegiatan magang minggu pertama agak membosankan, karena ga ada orang yang bisa ditanya-tanyain. Karena pada sibuk sendiri dengan tugas masing-masing dan ngerjainnya di tempat yang agak jauh dari tempatku duduk. Jadi kalau mau tanya-tanya, nunggu orang yang ngerjain tugasnya di dekatku. Baru deh bisa tanya-tanya, sambil mengakrabkan diri.

Kadang, aku seperti patung yang lebih sibuk melihat jam daripada mendigit peta menunggu jam istirahat (isoma, 12.00) dan jam pulang (15.30) untuk menghilangkan kutukan sebagai patung. Hari demi hari, proses adaptasi dengan lingkungan baru ini berjalan cukup lancar dan tak terkendali. Kutukan sebagai patungpun mulai mencair, ketika ada temen ngobrol dan ditanyain saat ada kesulitan.

2nd Week

Di parkiran aku bertemu dengan 3 orang mahasiswa Geografi UGM angkatan 2009, yang magang d situ juga.

Pagi-pagi setelah apel, Pak Tri (Kasubsi Pemetaan) memanggil aku ke ruangannya. Ternyata aku dipindahkan ruangannya ke atas bersama CPNS dari pusat. Setelah naik ke ruangan atas, di sana ada 4 orang berbaju putih polos dan celana hitam.

Setelah berkenalan, mereka berempat masing-masing dari Geografi UI 2, ekstensi Geodesi UGM dan Geodesi UNDIP. Mas Helwinda, Geodesi UNDIP 2005. Senang bisa ketemu dengan alumni undip dari geodesi lagi. Aku dapat info lumayan banyak dari mas Helwin, setelah ngobrol panjang x lebar x tinggi. Jadi nyaman aku kerja (magang) di sini. Fasilitas di ruangan inipun beda dengan yang di bawah. Di sini ruangan AC, teman bekerja 7 orang, dapat snack dan minum, komputer baru, bisa internetan.

Tugas disini, standarisasi, topologi dan memasukkan nib.

3rd Week

Mulai serius berkutat dengan yang software bernama AutoCAD. Tugasnya simple, tinggal ngeklik-ngeklik bentuk poligon. Ngubah warna biar menarik, lebih tepatnya biar keliatan mencolok warnanya. Warna yang dipakai Magenta, warna pink dengan nama bukan pink.lho??

Selain ngeklik, tugasnya ngetik ‘bo’ di keyboard untuk membuat boundaries poligon untuk mengecek poligon sudah tertutup atau belum. Setelah selesai ngeklik dan ngetik, menyerahkan file yang masih jauh dari benar ini ke CPNS tadi untuk di link kan ke BPN pusat.

4th Week

Tidak berbeda jauh dengan kegiatan di minggu ketiga, minggu keempat mulai ada bumbu baru dalam magang. Surfing internet, dengan fasilitas pendukung PC yang kenceng. Internetan buka kaskus jadi ritual resmi untuk memulai pekerjaan di pagi hari setelah apel pagi. Tapi tugas digit tetap yang utama, dan berjalan dengan lancar dan aman.

Kebersamaan di BPN terasa begitu cepat ketika waktu magang telah habis. Pastinya. Tidak akan lagi menikmati nikmatnya makan gratis di kantin, menikmati cepatnya internetan, ngobrol dengan orang yang lebih pengalaman, berguru dengan yang lebih pandai dan pengalaman lain yang belum pernah aku dapatkan.

Overall, magang itu seru…#belajarduniakerja

Pembaca yang baik meninggalkan jejak di sini :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s