Alasan Pilih Geodesi

Alasan kenapa saya memilih jurusan Teknik Geodesi sebagai jurusan pilihan saya ada beberapa alasan.

Sejak SMA saya sangat senang dengan mata pelajaran matematika, fisika. Sewaktu SMA saya masih bingung dengan jurusan apa yang sesuai dengan kemampuan dan mata pelajaran yang aku senangi tersebut. Walaupun ga mudeng-mudeng banget sih.

Setelah browsing di internet dan konsultasi dengan guru, akhirnya saya menemukan jawaban bahwa Teknik adalah fakultas yang cocok untukku. Setelah menemukan fakultas yang cocok, selanjutnya saya harus milih jurusan. Saya lebih mengerucutkan lagi apa yang mampu dan nyaman dengan jurusan yang sesuai dengan passion saya. Selain karena basic-nya matematika terapan, saya senang dengan pengukuran, perhitungan, dan ilmu kebumian. Di geodesi mempelajari tentang posisi titik, ukuran dan luas, bentuk dan ukuran bumi serta gravitasi bumi. Saya sangat merasa nyaman dan sesuai dengan bidang-bidang tersebut.

Selain karena faktor passion, saya juga harus mempertimbangkan prospek kerja untuk sarjana geodesi. Setelah membaca-baca buku dan browsing internet tentang lapangan kerja yang luas dan pertimbangan jumlah lulusan tiap tahunnya. Memang Geodesi-lah pilihan yang tepat.

Lapangan kerja geodesi sangatlah luas baik yang instansi pemerintah (negeri) maupun perusahaan swasta. Antara lain BPN (Badan Pertanahan Nasional), Bakosurtanal, LAPAN, dll. Selain itu ada banyak perusahaan minyak dan tambang yang membutuhkan sarjana geodesi, seperti Chevron, Total, Pertamina, dll.

Banyaknya lapangan kerja tersebut, berbanding terbalik dengan jumlah Universitas yang memiliki Jurusan Teknik Geodesi di dalamnya. Di Indonesia hanya terdapat 9 Universitas, dengan jumlah 4 Universitas Negeri dan 5 Universitas Swasta. Sehingga jelaslah alasan-alasan tersebut untuk memastikan bahwa Teknik Geodesi Universitas Diponegoro adalah pilihan yang tepat sesuai dengan yang saya inginkan dan jalan untuk mewujudkan mimpi saya.

Semoga saya dapat mewujudkan mimpi-mimpi saya dan menjadi manusia yang bermanfaat bagi orang lain. How about you?? Saya percaya kamu pasti punya mimpi dan cita-cita yang mesti diwujudkan. Tentukan jalanmu sesuai passion kamu.🙂

3 pemikiran pada “Alasan Pilih Geodesi

Pembaca yang baik meninggalkan jejak di sini :)

