Arti Sebuah Nama

name

Terinspirasi dari blog gitagut.blog.com (blognya Gita Gutawa) yang menulis tentang NAMA. Maka saya merasa perlu juga menuliskan tulisan tentang nama juga.

Nama, sebuah kata atau kalimat yang berisi doa, yang diberikan oleh orang tua ataupun orang lain yang ditunjuk oleh orang tua kita untuk membuat nama. Dengan kata lain, tidak semua orang tua kita sendiri yang memberikan doa dalam bentuk nama. Bisa kakek-nenek, ulama’, tetangga, teman atau bahkan usulan dari anaknya sendiri (kakak).

Kalimat yang tertulis di akta kelahiran (baca: nama) tidak hanya dibuat sebagai doa tetapi juga ada yang memanfatkan nama sebagai pengingat sesuatu. Banyak juga nama yang dibuat dari singkatan. singkatan hari lahir, singkatan dan gabungan dari nama kedua orang tua, singkatan pekerjaan orang tua, bahkan singkatan tempat lahir. Kalau pengen tahu kebenarannya tanya aja nama temen-temen kalian yang namanya unik, aneh, dan tidak bisa dengan mudah dipahami artinya. Apalagi temen yang mengklaim namanya tidak ada yang menyamai di seluruh dunia, pasti namanya adalah singkatan aneh ketika kita mendengarnya dan akan membuat kita tertawa setelah mengerti arti yang sebenarnya.😀

Kalau nama saya sendiri itu semuanya berisi doa dalam bahasa arab. Nama yang langsung dibuat oleh bapak saya sendiri, entah minta usulan dari ibu saya atau tidak. Ali Amirrudin Ahmad, yang jika diartikan secara harfiah yaitu :

Ali artinya yang paling atas, yang paling utama.

Amir artinya pemimpin,

Udin artinya agama,

Ahmad artinya terpuji.

Jadi, jika digabungkan menjadi : orang utama yang menjadi pemimpin agama dengan akhlak yang terpuji.

Benar-benar doa yang sangat mulia dari bapak saya, kalimat yang diimpikan yang kelak menjadi kenyataan dalam hidup saya. Kalau melihat artinya, saya merasa masih sangat-sangat jauh dari yang diharapkan oleh orang tua saya. Bahkan belum ada satupun yang bisa aku penuhi walaupun cuma kata ‘yang utama’ saja. Apalagi kata ‘pemimpin’, ‘pemimpin agama’ ataupun ‘akhlak yang terpuji’. Benar-benar kalimat yang sangat mulia. Benar-benar usaha yang sangat keras yang perlu saya lakukakan untuk mewujudkannya. Tapi dengan mengingat arti nama tersebut setidaknya saya bisa tahu apa yang harus saya lakukan untuk mencapai misi hidup yang dibuat oleh bapak saya. Semoga saya bisa mewujudkannya mimpi bapak untuk menjadi manusia yang utama sebagai pemimpin agama dengan akhlak yang terpuji. Dan semoga apa yang bapak doakan 20 tahun lalu bisa menjadi kenyataan. Aamiin

Tapi kalau ‘yang utama’ diatas kita ganti ‘satu-satunya’ mungkin saya sudah memenuhinya di dalam keluarga. Karena saya adalah ‘satu-satunya’ anak laki-laki yang dilahirkan oleh ibu saya. Selain itu, jika ‘yang utama’ diganti menjadi ‘yang pertama’. Dengan nama depan berhuruf ‘A’, saya juga telah berhasil mengisi posisi teratas absen kelas dan daftar kontak hape teman-teman…hehe

Tidak berbeda dengan nama saya, nama kakak dan adik saya juga merupakan doa berbahasa arab yang semuanya memiliki kesamaan dalam huruf depan yang dipakai, huruf ‘A’. Nama mereka adalah Ana Mar’atul Hasanah (kakak saya) dan Ayu Masruroh (adik saya).

Siapapun nama kalian pasti mempunyai arti yang sangat mulia yang menjadi motivasi dan kekuatan tersendiri dalam menjalani kehidupan ini. Percayalah di dalam sebuah nama terdapat doa yang baik. Dan disetiap doa terdapat harapan. Mari mewujudkan doa dan harapan tersebut!!

Pembaca yang baik meninggalkan jejak di sini :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s