Three Days in Wonosobo

Cukup kan penjelasan mengenai proyeknya di Survey Irigasi Wonosobo. Langsung ke pengalaman Three days in Wonosobo. Check this out!

1st day

Jam 07.30 WIB kita ke kantor pembantu DPU untuk menemui Bapak Sofa dan perkenalan dengan beliau. Saat masih di kantor aku, mendapat kabar bahwa dosen untuk kuliah pagi ini tidak hadir. Terbukti apa yang dikatakan oleh temenku seperti di awal cerita. BAHAGIA. Lanjut ke TKP. Daerah irigasi pertama adalah DI Jeruk dengan panjang 3,8 KM. Beruntungnya kita hari itu, DI yang bernama Jeruk ternyata terdapat perkebunan salak yang lumayan luas. Namanya jeruk tapi isinya salak. Langkah kaki untuk jarak 3 KM serasa berkurang ketika tangan dan mulut disibukkan dengan buah salak.

Lanjuuut ke DI Capar Jeruk, di situ kita mendapat kejutan lain. Ketika kita melewati area pertanian Lombok, tiba-tiba muncul petani dengan membawa nangka yang ukurannya cukup besar. Karena tidak baik menolak pemberian orang lain (#alasan). Akhirnya tangan kanan untuk memegang GPS dan tangan kiri untuk mengangkat nangka yang berbobot sekitar 2 kiloan.

Lanjut ke DI Bawang. Krik krik krik.

Hari pertama selesai.

2nd day

Setelah mandi dan mengoleskan balsem di kaki, kita menuju ke DI Ceger desa Wulungsari. Berhubung bapak Sofa ga tahu bendungannya kita tanya ke kantor desa Wulungsari terlebih dulu. Berbeda dengan sebelum-sebelumnya, dari pegawai kantor ikut menemani perjalanan kita mulai dari bendungan sampai ujung. Lagi-lagi kita mendapat kejutan, berupa kelapa degan yang langsung dari pohonnya. Segarnya air kelapa begitu terasa di tenggorokan. Nyeees. Membasahi keringnya tenggorokan setelah berjalan kaki sejauh 4 KM. #alhamdulillah

DI selanjutnya, DI Kudi desa Bumitirto. Saluran irigasinya melewati perkebunan salak yang lenih mirip hutan, lalu pemukiman dan berujung di persawahan. Tidak kalah dengan DI sebelumnya, di sini kita mendapat sureprise bahwa DI Mungkung yang notabene DI terpanjang dan Kedung nongko yang menghantui kaki kita ternyata tidak perlu disurvey karena sebagian dari irigasi tersebut telah masuk ke kabupaten lain. Ditambah lagi berhembus angin segar dari kampus bahwa mata kuliah untuk hari ini kosong semua. Lalala yeyeye😀

Lanjut ke DI Kedung gupit desa Karangrejo. Bonus dari alam yang kita peroleh disini adalah hampir sepanjang irigasi bisa ditempuh menggunakan motor. So, kaki kita bisa beristirahat dengan nyaman di atas motor.

3rd day

Dari 10 DI telah selesai 6 DI yang telah disurvey dan 2 DI dieliminasi tersisa 2 DI (Kembang dan Wuni). Sebenarnya DI kembang sudah pernah disurvey tetapi karena terjadi kesalahan jalur irigasi maka DI kembang harus diulang. Selesai kaki melangkah 3,55 KM dilanjut ke Wuni di desa Kecis.Desa yang berada di ujung kulon Kab Wonosobo (kalo ga salah).lumayan jauh juga dari DI kembang. Setelah agak maksain motor untuk jalan yang menanjak cukup tinggi dan panjang. Kita sampai di kantor desa Kecis. Di daerah tersebut semakin jelas terdengar logat ngapak. Lagi-lagi jalan tanjakan harus dilewati untuk mencapai bendungan yang bernama Wuni. Berhubung jalan licin untuk ukuran motor biasa, kita harus jalan kaki sebelum waktunya.

Naik-naik ke bendungan Wuni tinggi dan licin sekali. Kiri-kanan kulihat saja banyak pohon salaknya. (nada naik-naik ke puncak gunung).

Alhamdulillah kita diberi kemudahan oleh Allah. Bendungan Wuni ternyata udah tidak layak lagi disebut sebagai bendungan karena udah rusak parah dan irigasinya juga sangat kecil bahkan lebih pantas disebut sebagai got. Jadi kita bisa istirahat dan pulang lebih awal dari perkiraan.

Dari tiga hari tersebut ternyata begitu banyak pengalaman baru dan keseruan yang aku dapatkan. Mulai dari belajar bersosialisasi dengan warga, menghilangkan stress dengan hijaunya alam, olahraga sehat dengan jalan kaki, indahnya berbagi dan nikmatnya menerima, meyakini bahwa Allah selalu memberi kemudahan bagi umat-Nya, menumbuhkan etos kerja mensyukuri besarnya nikmat Allah dan masih banyak hal lainya.

Mari mencari pengalaman baru lainya!🙂

Pembaca yang baik meninggalkan jejak di sini :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s