Gerakan Hemat Energi

save bbmPengertian energi adalah kemampuan untuk melakukan usaha. Ada banyak sekali macam-macam energi. Energi merupakan sesuatu yang sangat eratkaitanya dan sangat vital perannya dalam menunjang aktivitas kehidupan sehari-hari manusia. Namun yang akan kita bahas di sini adalah energi bahan bakar. Bahan bakar mengandung panas yang dapat dilepaskan dan dimanipulasi. Kebanyakan manusia menggunakan bahan bakar melalui proses pembakaran, di mana bahan bakar tersebut akan melepaskan panas setelah berreaksi dengan oksigen di udara. Proses untuk melepaskan energi bahan bakar melalui reaksi eksotermal dan reaksi nuklir. Jenis bahan bakar yang sangat familiar di telinga dan paling sering digunakan adalah hidrokarbon, di dalamnya termasuk bensin dan solar.

Bensin dan solar merupakan jenis bahan bakar cair. Di mana dalam bahasa sehari-hari, bahan bakar cair populer dengan nama Bahan Bakar Minyak (BBM). BBM yang memiliki nilai oktan terrendah (nilai 88) adalah premium. Pada umumnya, premium digunakan untuk kendaraan bermotor bermesin bensin. Seperti kita ketahui bahwa bensin ataupun solar biasa kita gunakan untuk menjalankan mesin melalui pembakaran di kaburator, untuk mobilitas kita menggunakan kendaraan bermotor. BBM termasuk dalam bahan bakar tidak berkelanjutan yang bersumber pada materi yang diperoleh dari alam dan bersifat konsumtif. Sehingga hanya sekali penggunaan dan bisa habis keberadaannya di alam. Oleh karena itu, perlu adanya penghematan energi bahan bakar.

Bapak Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) juga telah mencanangkan “Gerakan Nasional Penghematan Energi” pada Selasa (29/5/2012). Beliau menghimbau agar gerakan hemat energi berupa BBM dan listrik ini diikuti oleh seluruh elemen masyarakat termasuk unsur pemerintah pusat dan daerah. Ada lima kebijakan dan tindakan penghematan, yaitu :

  1. Pengendalian system distribusi di setiap SPBU.
  2. Pelarangan BBM bersubsidi untuk kendaraan pemerintah.
  3. Pelarangan BBM bersubsidi untuk kendaraan perkebunan dan pertambangan.
  4. Konversi Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Bahan Bakar Gas (BBG) untuk transportasi.
  5. Penghematan listrik dan air di kantor-kantor pemerintah.

Kelima konsep tersebut akan sangat mendukung penghematan energi apabila ada aksi yang jelas, nyata dan berani dari masing-masing warga untuk mewujudkannya. Di samping tidak ramah lingkungan , ketergantungan BBM juga akan mengembalikan kita pada masalah klasik, antara menaikkan harga BBM (tabel 1) atau menghemat BBM. Mengingat potensi sumber energi terbarukan yang ada di Negara Indonesia seharusnya bukan  hanya sekedar hemat BBM tetapi juga mulai mengganti BBM dengan energi terbarukan.

Tabel 1. Tabel Perkembangan Harga Premium

Tanggal Rp/liter
2003 1.810,00
1 Maret 2005 2.400,00
1 Oktober 2005 4.500,00
24 Mei 2008 6.000,00
1 Desember 2008 5.500,00
15 Desember 2008 5.000,00
15 Januari 2009 4.500,00

Jika dilihat dari sisi lingkungan, premium masih memiliki kandungan logam berat timbal yang berbahaya bagi kesehatan. Seiring dengan berjalannya waktu dari tahun ke tahun, jumlah kendaraan bermotor semakin memadati jalan. Di dalam kemacetan, sekitar 20% waktu kerja mesin dalam 0 km/jam alias berhenti. Berhenti dengan mesin hidup sama artinya dengan membuang BBM, karena kendaraan bermotor kehilangan fungsinya sebagai alat transportasi. Tidak hanya terjadi pada saat macet tetapi juga saat kita berhenti di lampu lalu lintas. Tindakan nyata yang perlu kita lakukan adalah mematikan mesin kendaraan saat kita mengetahui bahwa timer lampu lalu lintas masih cukup lama.

Pemborosan lain BBM, mengendarai kendaraan bermotor dengan kecepatan tinggi. Dalam dunia aerodinamika dikenal istilah hambatan angin. Semakin kencang kendaraan dipacu, kendaraan bermotor harus melawan hambatan angin yang semakin tinggi. Akibatnya diperlukan konsumsi BBM ekstra. Gangguan hambatan angin ini aka terasa mulai kecepatan 60 km/jam ke atas. Pada kecepatan 80 km/jam diperlukan ekstra 15% BBM. Pada kecepatan 100 km/jam, BBM ekstra meningkat menjadi 35%. Jadi, selain berkendara motor dengan kecepatan nyaman (35-60 km/jam) itu aman untuk keselamatan juga merupakan tindakan hemat energi BBM.

Beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menghemat BBM saat mengemudi :

  1. Pastikan tidak ada kebocoran tangki, pompa dan saluran bensin.
  2. Tambah tekanan ban 1-2 psi di atas standar pabrik.
  3. Jalankan kendaraan bermotor pada kecepatan nyaman (35-60 km/jam).
  4. Sesuaikan posisi gigi transmisi dengan kecepatan.
  5. Hindari akselerasi-deselerasi mendadak.
  6. Tinggalkan kebiasaan membawa beban terlalu berat.

Gerakan Nasional Penghematan Energi yang diinstrusikan juga diamini oleh PT. Pertamina. Tindakan yang dilakukan Pertamina disebut dengan Green Product. “Kami telah mencanangkan Green Product yaitu beberapa tindakan dan program untuk menghemat energy”, kata Presiden Direktur PT. Pertamina (Persero), Karen Agustiawan, dalam kuliah umum di Fisip UI, Jumat (8/6/2012).

Begitu banyak dukungan dan gerakan yang intinya untuk menjaga lingkungan dan penghematan energy dari berbagai pihak. Hendaknya seluruh lapisan masyarakat harus berperan aktif. Namun, tidak semua masyarakat mengetahuinya maka diperlukan sosialisasi kepada masyarakat.

Slogan-slogan yang bertuliskan kata “Hemat Energi”, sangatlah sering kita jumpai dan kita dengar dimanapun. Walaupun kita hanya sekilas membacanya tanpa kita pahami maksud dan tujuan dari tulisan tersebut dengan suatu tindakan nyata untuk menghemat energi. Melakukan penghematan energi sangatlah penting, bukan hanya untuk diri sendiri tetapi juga untuk masyarakat, Negara bahkan untuk generasi-generasi yang akan datang. Seperti yang telah saya uraikan di atas, mari #SobatBumi bersama-sama kita berhemat energi!!🙂

Pertamina

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber:

Wikipedia.org/wiki/premium

Wikipedia.org/wiki/Bahan_bakar

Solusihemat.page.tl/Tips-Hemat-BBM_2.htm

Alamendah.wordpress.com/2012/05/03/gerakan-nasional-hemat-energi-bbm-dan-listrik/

Republika.co.id/berita/nasional/umum/12/06/08/m5ahgy-hemat-energi-pertamina-canangkan-green-product

Pembaca yang baik meninggalkan jejak di sini :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s