Backpacker Sragen-Lombok-Bali

stasiun sragenBackpacker is fun and exciting. Bagi orang yang suka tantangan dan suka dengan hal-hal baru pas banget untuk mencoba kegiatan yang satu ini. Backpacker. Sedikit modal untuk jalan-jalan menuju tempat baru, tetapi jangan lupa untuk mengumpulkan informasi sebanyaknya tentang tujuan kita. Jangan sampai sia-sia, sampai ditujuan tetapi tidak tahu harus ngapain.

Aku akan share sedikit info biaya dan waktu yang dihabiskan buat backpacker dari jogja ke lombok. Tulisan ini hanya pengalaman penulis baru-baru ini. Biar seru dan asyiknya lengkap maka aku ceritain di sini. Kan kebahagiaan itu seperti cahaya lilin. Jika cahaya dibagi akan semakin terang.

Backpacker dimulai dari Sragen, naik kereta api dari stasiun Sragen menuju banyuwangi baru dengan biaya 35rb untuk kelas ekonomi dan 120rb untuk kelas ekonomi AC. Perjalanan 641 km (wikipedia) ini menghabiskan waktu sekitar 14 jam, seandainya jam yang digunakan bukan jam karet sesuai jadwal perjalanan hanya menghabiskan waktu 12 jam. Dengan waktu keberangkatan pukul 09.10 dan sampai di tujuan pukul 21.08. Banyuwangi baru merupakan stasiun terakhir, jadi sampai di situ penumpang harus benar-benar bersih. Kalian yang kotor juga akan menjadi bersih. Aamiin

stasiun sragen1

Sepinya Stasiun Sragen

Setelah turun di stasiun banyuwangi baru selanjutnya ke pelabuhan ketapang, untuk sampai di pelabuhan cukup berjalan kaki karena jaraknya hanya sekitar 200m. Ga usah tergoda dengan rayuan abang-abang becak, langsung ‘cus’ dan pasang wajah percaya diri. Lebih jelasnya, setelah keluar stasiun jalan sampai menemui jalan aspal, belok kanan lanjut lurus terus sampai ketemu tulisan ‘Pelabuhan Ketapang’. Ikuti petunjuk arah penjualan tiket. Harga tiket untuk dewasa cukup murah hanya 6rb. Lalu cari feri yang siap-siap berangkat bukan feri yang isinya orang yang berjalan keluar feri.

pelabuhan ketapangPelabuhan Ketapang

Setelah 1,5 jam perjalanan di atas ombak laut (ombaknya kalau malam tidur kok jadi asal kita tidak berisik mereka akan diam kecuali langitnya lagi ‘bersedih’ baru ombaknya galau) sampailah kita di pelabuhan Gilimanuk Bali. Ingat disini zona waktunya +08.00 GMT jadi tambahkan 1 jam di jam tangan. Kalau di handphone yang diubah bukan jamnya ya tetapi settingan GMT-nya. You know what I mean lah.

padang baiSelanjuntanya Ke sini ni

Perjalanan dilanjutkan ke pelabuhan Padang Bai. Untuk mencapai lokasi kita tinggal berjalan kaki sekitar 100 m menuju terminal, setelah melewati pengecekan identitas ktp dan barang bawaan untuk meyakinkan bahwa kita bukan teroris. Cari bus yang langsung menuju ke Padang Bai biar tidak perlu oper bus selain mempesingkat waktu juga aman. Bus yang langsung menuju Padang Bai adalah bus Buana Raya dan Lisa (kata ibu pedagang pop mie). Padang bai adalah pemberhentian terakhir bus, jadi tidak perlu takut nyasar. Kita bisa menikmati istirahat dengan tidur nyenyak sampai ngiler. Bus berhenti tepat di depan gapura pelabuhan. Biaya bus dari pelabuhan Gilimanuk ke pelabuhan Padang Bai 40rb, dengan lama perjalanan sekitar 5 jam.

Lanjut di pelabuhan Padang Bai ke pelabuhan Lembar. Jarak perjalanan cukup jauh menghabiskan waktu sekitar 4 jam. Ombak di sini lebih besar dibanding dengan ombak di Laut Bali, tapi ferinya jauh lebih mewah dan bersih dibandingkan dengan feri penyeberangan Ketepang-Gilimanuk. Fasilitasnya juga lebih lengkap. Biaya penyeberangan Padang Bai-Lembar adalah 36rb. Selain feri yang keren, pemandangan yang terlihat di luar juga sangat mengagumkan, hijaunya pohon, putihnya pasir, dan birunya langit dan air laut. Kereeeen *geleng2

pelabuhan lembarParkiran Feri di Lembar

Yeee…Sampailah kita di Pulau Lombok…😀

Jadi total waktu yang dibutuhkan itu sekitar 1 hari lebih 2 jam atau 26 jam, dengan biaya 117rb (35+6+40+36). Backpacker itu seru dan menantang. Cobain deh🙂

Coretan tentang jalan-jalanku yang menarik selama di Lombok di sini sedangkan coretan ketika hilang di Bali di sini😀

6 pemikiran pada “Backpacker Sragen-Lombok-Bali

Pembaca yang baik meninggalkan jejak di sini :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s