Trip in Lombok Island

DSC03003LOMBOK, nama pulau yang akhirnya bisa saya kunjungi untuk mengurangi list touchdown pulau di Indonesia pada akhir Januari tahun 2013. Pulau yang bertetanggaan dengan Bali ini termasuk Provinsi Nusa Tenggara Barat bukan Provinsi Lombok. Ingat! ga ada yang namanya Provinsi Lombok. Sudah pada tahu ya??hehe

Menginjakkan kaki di Lombok dengan cara ‘sambil menyelam minum susu’ itu adalah pengalaman yang sangat unik dan langka. berangkat dengan tujuan utama magang di Islamic Center Nusa Tenggara Barat tetapi juga bisa jalan-jalan yang menyenangkan dengan faktor pelumas yang bikin jalan-jalan lancar tanpa direncanakan sendiri olehku (baca: follower). Karena keberuntungan bisa nebeng tinggal di keluarga yang super baik banget sekali yang beralamat di Blok Nusantar no.26, Rembiga.

Walaupun ukuran pulau Lombok lebih kecil dari Pulau Sumbawa yang juga sama-sama Provinsi NTB, tetapi jumlah orang yang tidur alias tinggal di pulau Lombok lebih banyak. Mayoritas penduduk Lombok menganut agama Islam dan Hindu, tetapi ada suatu daerah yang beragama Islam tetapi dalam beribadah sholat cuma 3 kali sehari. Konon, dulu saat dakwahnya tidak sampai selesai dan sempurna. Jadi, ketika kita mengajarkan sesuatu itu jangan cuma setengah-setengah, ntar yang keterima juga cuma seadanya, tidak sempurna.

Lombok dikenal dengan sebutan’Pulau Seribu Masjid’, itu benar adanya kalau melihat banyaknya masjid yang berdiri kokoh dan tampak sangat megah dan keren dengan jarak yang sangat berdekatan antara satu dengan yang lain. Bahkan ada masjid yang berjarak selebar jalan saja alias kanan jalan masjid dan kiri jalan masjid juga. Dan sampai sekarang pun masih banyak masjid-masjid yang sedang tahap pembangunan. Mungkin belum nyampe seribu kali masjidnya..hehe. Uniknya, kebanyakan masjid-masjid itu hanya memiliki tempat untuk berwudhu saja tidak ada kamar mandi. Hal tersebut untuk menjaga kesucian masjid. Walaupun masjid sangat banyak, saat waktu sholat jum’at tiba tidak semua masjid menyelenggarakan sholat jum’at. Kalau tidak salah, aku pernah dikasih tahu bahwa jika di suatu tempat yang terdapat lebih dari satu masjid. Untuk bisa membikin jamaah sholat jum’at baru harus bisa memastikan bahwa masjid yang pertama benar-benar penuh dan tidak bisa menampung jamaah lagi. CMIIW

Saat pertama kali menginjakkan kaki di tanah Lombok, auranya benar-benar baru dan asing bagi tubuh ini. Jika kalian mendengar bahasa yang unik dan susah dipahami bagi kita yang bukan penduduk Lombok. Itu namanya bahasa Sasak. Bahasa sasak ya bukan potong rambut sasak. hehe

Ngomongin tentang makanan, nama Lombok ternyata berpengaruh juga pada bumbu menu makanan. Makanan di sini sangat berteman baik dengan rasanya yang pedas bahkan sangat pedas. Salah satu makan khasnya adalah nasi puyung. Pedas cetar membakar pokoknya. Kalau di jawa kita biasa mengenal angkringan yang menjual nasi yang bernama nasi kucing, di sini namanya nasi balap. Enggak tahu kenapa namanya bisa begono, mungkin nasinya balapan untuk masuk ke mulut kali. Banyak juga makanan khas yang lainya, seperti sate Rembiga, sate Bulayak, dll.

sate bulayak

Sate Bulayak di Suranadi

Aqua?? Nama apa itu?? Di Lombok hampir ga ada yang namanya merk air mineral bernama aqua, yang ada adalah Narmada. Merk ini memang sangat mendominasi air mineral di sini. Selain narmada ada juga merk NTB.

DSC03084Narmada

Dengar-dengar, dulu orang lombok itu sangat bangga jika punya korek api yang ada cap Indomaret. Banggaaa banggeeet katanya. Itu dulu sebelum dibangunnya indomaret di pulau pedas ini. Sekarang Indomaret dan Alfamart udah mulai berdiri berdampingan, entah berdampingan untuk saingan atau untuk pdkt (ga mungkin).

Kalau mau jalan-jalan cari tempat hiburan selain ke tempat wisata, di Lombok itu punya Mall satu-satunya di NTB letaknya di Cakranegara, Mall Mataram. Mallnya gede tapi banyak tapinya. Tapi ga ada Gramedia, Gramedianya lagi mau dibangun. Tapi ga ada bioskopnya, adanya bioskop TransTV. Tapi ada KFC dan McDonald’s.

Khas lainnya lagi (emang Lombok banyak khasnya kok), rumah-rumah di sini itu biasanya terdapat baruga di halaman rumah. Baruga ini bentuknya kaya gubuk yang ada di sawah githu, gunanya buat santai-santai istirahat.

Kalau mau nongkrong buat elo-elo anak gahouuul tempatnya ada di taman kota Sangkareang atau di Udayana. Aku saranin pagi sampai sore di Udayana karena tempatnya yang adem dan jajanan dengan pilihan yang banyak dari minum air putih sampai air berwarna, nyaman banget dah bisa juga buat jogging biar sehat. Tapi kalau malam JANGAN di Udayana apalagi yang dekat ujung perempatan, sangat-sangat ‘berbahaya’ bangeeet ngeet. Karena di sana banyak orang salah parkir. Ada motor tapi ga kelihatan orangnya di mana. Mending di taman kota aja deh ada kopi anget dan jagung bakar, makan sambil ndengerin gemercik air mancur.

Saat magang kita tidak hanya diisi ilmu perkuliahan saja, tapi juga dikenalkan budaya Lombok. Karena saat itu bertepatan dengan bulan Rabiul awal, bulan kelahiran nabi. Di Lombok ada budaya adat mauludan selama sebulan full. Di Lombok itu rame banget kalau Mauludan, bahkan lebih rame daripada lebaran. Karena waktu perayaannya yang lebih lama. Mauludan itu isinya makan-makan makanan lezat dan lengkap, lima sehat enam sempurna.😀

mauludanMauludan (makan-makan) di Lombok

Kurang lebih seperti itulah pulau Lombok itu, aku yakin masih banyak banget yang belum aku ketahui. Gimana dengan khas-khas dari pulau yang lain di Indonesia ya?? Ga sabar pengen keliling Indonesia…hehehe

Coretan terkait tempat yang aku kunjungi selama di Lombok :

Air Terjun Benang Stokel

Pantai Pink

Gili Trawangan

Pantai Kuta

Pembaca yang baik meninggalkan jejak di sini :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s