Air Terjun Benang Stokel

air terjun benang stokel1Air terjun benang stokel terletak di Aik Berik, Batukliang, Lombok Tengah. Sekitar 1,5 jam dari kota Mataram. Jalan 5 km sebulum lokasi air terjun rusak dan berlubang. Di situ juga merupakan jalur tracking gunung Rinjani.

Berbeda dengan air terjun yang lain, di area pariwisata ini terdapat 3 tempat air terjun, air terjun benang stokel yang sebenarnya, air terjun yang bukan sebenarnya dan air terjun benang kelambu.

Kenapa ada air terjun benang stokel asli dan KW? Karena benang stokel yang asli itu letaknya tidak mudah dijangkau. Di atas air terjun benang stokel yang asli terdapat air terjun yang mudah dijangkau. Nah itulah yang dinamakan sebagai air terjun benang stokel (KW).

air terjun benang stokelAir terjun Benang Stokel (KW)

Menurut narasumber (penduduk setempat) nama benang stokel itu berasal dari pengukuran tinggi air terjun. Stokel itu artinya gumpalan atau gulungan, bahasa sasak. Sekitar 10 tahun yang lalu, air terjun itu diukur oleh warga menggunakan benang. Ternyata satu gulungan benang itu habis untuk mengukur dari atas hingga bawah air terjun. Jadilah nama Air Terjun Benang Stokel.

air terjun benang klambuMirip kelambu ga??

Sedangkan air terjun benang klambu itu berasal dari bentuk air terjun yang mirip dengan klambu. Air terjun melalui jalan yang agak lebar dan mengalir dengan tenang. Cantik deh pokoknya. Untuk menuju ke air terjun benang klambu kita harus menempuh jalan setapak sejauh kurang lebih 200m yang menghabiskan waktu sekitar 25 menit karena jalan kecil di hutan yang naik turun dan berkelok-kelok. Air terjun benang klambu langsung dari mata air gunung. Jadi bisa langsung diminum. Dulu pernah ada peneliti yang mengecek sehat atau tidaknya air tersebut *kata warga. Mata air tersebut juga digunakan oleh PDAM untuk mengaliri 5 daerah PDAM.

air terjun benang klambu1Air Terjun Kelambu sebelahnya

Walaupun sudah sekitar 10 tahun ditemukan, pariwisata ini terlihat belum ditangani secara maksiml oleh pemerintah. Masih banyak fasilitas lainnya masih belum ada, yang ada cuma tempat penjualan tiket ala kadarnya dan tempat parkir. Semoga segera ditangani dengan baik oleh pemerintah. Overall, pariwisata alami air terjun ini sangat menakjubkan.😉 *Subhanallah

Pembaca yang baik meninggalkan jejak di sini :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s