Kenapa Futsal??

 

futsal

Futsal adalah kepanjangan dari kata futbol dan sala, berasal dari kata Spanyol atau Portugis. Olahraga yang paling booming dan terkenal sejak beberapa tahun lalu di Indonesia. Di Indonesia sendiri ada kompetisi futsal (LFI / Liga Futsal Indonesia) baru aja pada tahun 2006 yang lalu. Padahal sebenarnya futsal lahir di Montevideo, Uruguay pada tahun 1930. Entah melalui perjalanan apa dan dengan siapa, si Futsal bisa nyasar ke negeri ini. Apapun itu, yang penting sekarang futsal sudah tiba di Indonesia dengan selamat dan aman. Terus ngapain si Futsal itu ke Indonesia?? Ternyata si futsal ini membawa banyak kebaikan dan manfaat untuk para pencinta olahraga. Kebaikan dan manfaatnya adalah:

1. Sportifitas

Seperti halnya olahraga yang lain, futsal mempunyaibeberapa aturan yang harus dipatuhi dan ditaati dengan baik. Jika tidak maka resiko ditanggung sendiri. Dalam suatu pertandingan pasti akan ada yang menang dan yang ingin menang. Di dalam permainan itu diajarkan untuk siap menerima apapun hasil akhir dari pertandingan, yang paling penting adalah kita benar-benar telah mengerahkan semua keringat, upaya, usaha, doa dengan maksimal. Kalau sudah maksimal tetapi ‘ingin menang’-nya ga kesampaian juga, kita diajarkan untuk menghormati rekan, lawan, pelatih dan wasit dalam keadaan apapun. Jangan lupa juga mengucapkan selamat buat yang menang toh kita kalah juga sudah dengan usaha yang maksimal. Jangan sampai keluar ucapan sumpah serapah yang hanya menambah deposit dosa. Sportif cuy. J

2. Sehat

Lari-lari rebutan bola kesana-kemari mencari gol memerlukan energi, energi diperoleh dari proses metabolisme, metabolisme menghasilkan keringat. Dengan keringat karena proses mendinginkan tubuh yang overheating maka tubuh kita akan sehat. #abaikan

Intinya, tujuan utama dari olahraga adalah memperoleh kesehatan agar organ-organ tubuh kita tetap bekerja dengan baik. Tanpa kesehatan, hidup ini akan terasa sangat tidak enak, bagai makan tanpa ada rasanya. Hambar. Selain itu, salah satu tanda muslim idaman adalah tubuhnya yang sehat. Sehat itu benar-benar mahal harganya bro.

3. Intelegensi

Futsal merupakan olahraga yang kompleks, banyak sekali kejadian yang akan terjadi dan kejadian itu tidak bisa terjadi sama persis. Permainannya mengalir dan menggelinding begitu saja. Si pemain futsal harus banyak melakukan improvisasi di pertandingan yang berubah-ubah tanpa bisa kita tentukan dan persiapkan. Dengan demikian, kita akan banyak belajar untuk berkreasi dan berimprovisasi sesuai situasi dan kondisi yang akan meningkatkan intelegensi. Lumayan kan bisa ningkatin IQ.

futsal2

4. Berpikir cepat

Dalam permainan futsal, akan ada saat-saat harus memutuskan mau dibawa ke mana bola kita (bukan cinta kita ya). Di saat krusial, memaksa untuk secepatnya mengambil keputusan secara tepat karena semakin bagus pertandingan maka akan semakin cepat tempo  pertandingan. Sepersekian detik saja lengah atau terlambat mengambil keputusan akan menjadi kesalahan fatal yang memupus ‘ingin menang’. Dari hal simple itu, futsal mengajarkan sifat leadership yang harus berpikir cepat dan tepat. Maka dari itu, pemain futsal adalah pemain yang mampu berpikir cepat. *membusungkan dada

5. Have fun

Rugi banget dong kalau udah keringetan, capek-capek, ngeluarin duit tapi perasaan tidak senang. Apalagi futsal yang lapangannya lebih kecil ketimbang lapangan bola, kemungkinan terjadinya gol akan semakin besar. Sedangkan gol itu sendiri akan menumbuhkan rasa senang. Jadi, dengan bermain futsal kita akan lebih sering merasa senang (bagi tim yang bisa cetak gol ya). Demikian juga peluang sebagai pemain futsal untuk mencetak gol semakin besar jika dibanding pemain bola. Kalau pemain bola peluang cetak golnya 1:11, pemain futsal peluangnya 1:5. Peluang senengnya semakin besar. Bagi yang ga bisa cetak gol, tenang. Dengan hanya melihat tingkah teman yang main aja, kadang bisa bikin ketawa geli sendiri kok. Dengan demikian, stress dan kawan-kawannya akan menghilang dari otak dan membuahkan huruf “U” di bibir. *mringis

6. Teamwork

Futsal itu olahraga tim, bukan one man show. Permainan yang menuntut untuk membentuk organisasi tim, yang membutuhkan kerjasama tim. Di mana setiap pemain yang berada di lapangan akan terlibat dan berkontribusi. Di sebuah tim harus tercipta komunikasi antar pemain untuk memuluskan langkah bola menuju gawang. Nah, agar tercipta komunikasi yang baik diperlukan saling mengenali karakter partner bermain. Kerja sama tim sangat penting sekali untuk membangun pondasi kekuatan yang kuat. Kata pepatah, bersatu kita teguh bercerai kita runtuh. Selain itu, secara otomatis juga mencerminkan sila kelima Pancasila.

7. Banyak teman

Inilah satu-satunya alasan yang terbukti secara konkret. Melalui pertandingan futsal, memungkinkan untuk bertemu dengan orang baru. Berawal dari saling tendang, saling berebut bola, saling sikut, saling memasang wajah sangar. Dan berakhir dengan pertemanan dan salaman. Mempunyai banyak teman itu tidak ada ruginya, malah akan sangat-sangat membawa banyak keuntungan. Semakin banyak kita mempunyai teman semakin banyak networking kita. Semakin banyak networking, insyaAllah akan semakin banyak rejeki dan panjang umur.

futsal1

Nah, itulah 7  manfaat versi @aliamirrudin dari sekian banyak manfaat dari permainan futsal. Gimana?? Tertarik buat main futsal?? Kalaupun tidak suka futsal, bisa mencoba dengan olahraga sejenis yang lain seperti main PES misalnya. Yang terpenting minimal harus mempunyai kegiatan olahraga deh dalam kehidupan kita. Ingat! “Menssana in corpore sano”, di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.🙂

Pembaca yang baik meninggalkan jejak di sini :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s