Debut in EFC

Kemarin sabtu tanggal 14 Mei 2013 adalah hari bersejarah dalam hidupku. Mungkin agak lebay kalau dibilang bersejarah, tetapi bermain dengan mengenakan seragam kebanggaan itu adalah mimpiku sejak tahun awalku memasuki meja kuliah. Bisa dikatakan ini waktu yang terlambat untuk bergabung dengan orang-orang yang mempunyai kemampuan bermain di atas rata-rata dibanding pemain lain. Tetapi kata terlambat tidak akan pernah berlaku dalam mewujudkan mimpi selama itu masih bisa dan tidak ada larangan. Bertemu dengan orang yang sehobi itu menyenangkan, ketika kita bisa saling berbagi pengalaman, berbagi ide dan strategi.

Ketika bertemu dan bergabung dengan mereka sempat merasa kemampuanku tidak ada apa-apanya. Namun aku terus berusaha meyakinkan diri bahwa aku bisa sampai di sini bukanlah sesuatu yang kebetulan, bukanlah sesuatu keberuntungan dan bukanlah suatu kesalahan pelatih memilih pemain tetapi ini adalah hasil kerja keras dan usahaku untuk selalu memberikan yang terbaik dalam setiap permainan. Semoga kata “Do the best” itu akan selalu dan selalu muncul dalam pikiranku dalam keadaan bagaimanapun juga.

Turnamen Futsal Se-Jawa yang diadakan oleh STAIN Pekalongan dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional. Itulah turnamen pertamaku dalam membela tim futsal kebanggaan Teknik. Dengan mengenakan seragam bergaris putih-biru, kami siap untuk bertanding. Persiapan yang mepet, dengan hanya latihan satu kali 5 hari sebelum turnamen menjadi modal utama kami. Kecuali aku yang absen dalam latihan karena ada kegiatan kampus. Absenku dalam latihan tidak membuat namaku dicoret dari starting line up pelatih. Saat memasuki lapangan ternyata tim akan memakai strategi yang diterapkan saat latihan. Dengan khidmat, aku mendengarkan penjelasan verbal dari temanku sambil membebaskan imajinasiku membayangkan bentuk permainan yang dimaksud dan dengan ke-sotoy-an aku menganggukan setiap akhir kalimat yang aku dengar.

EFC in Pekalongan

EFC Team in Pekalongan Turnament

Priiit. Pertandingan dimulai. Strategi dua-dua dan rotasi pemain yang dimaksud berantakan gara-gara pemain bernomor punggung 19. Pemain tersebut bermain seenaknya, benar-benar keluar dari strategi sebelumnya. Walaupun sempat memiliki kesempatan emas di depan gawang setelah mencuri passing, niatanya menendang bola melewati kedua kaki kiper gagal. Seandainya momen itu berhasil dikonversi menjadi gol, semangat tim pasti akan naik dan semangat tim lawan akan menciut. Atmosfer turnamen yang terlalu dibawa tegang membuat pemain ini tidak bisa menikmati setiap langkah kaki di dalam lapangan. Pemain bernomor 19 itu benar-benar belum bisa beradaptasi dengan lapangan. Belum bisa memberikan yang terbaik.

Selain faktor latihan yang mepet, tim putih-biru ini juga tidak didampingi oleh pelatih di sisi lapangan. Bagaikan traveling tanpa gps, bagaikan main PES tanpa controller. Permainan tim benar-benar random. Pelatih hanya menginstruksikan permainan via handphone. Formasi yang dipakai, pergantian pemain, kalimat motivasi dan penyemangat. Instruksi yang terdengar tidak begitu jelas melalui speaker handphone berusaha kita praktikan sebaik mungkin.

Tim bermain dengan improvisasi yang belum seirama karena belum akrabnya antar pemain membuat kami memerlukan bebrapa menit untuk saling memahami tipe permainan setiap pemain. Sampai akhirnya tim yang mulai bermain dengan irama dan tempo yang sejalan membuahkan 2 gol untuk memperkecil ketertinggalan 5 gol yang tercipta terlebih dulu. Alhasil, tim futsal Teknik Universitas Diponegoro harus mengakui kekalahan dari UNISBANK dengan skor 2-5.

So, dalam suatu tim itu sangat diperlukan kerjasama, saling percaya, saling mengenal dan memahami, pemimpin yang mempunyai semangat lebih dari yang lain, selalu berusaha memberikan yang terbaik, dan menikmati permainan. Next competition should be much better!!🙂

DSC07322

P.S. : Pemain bernomor punggu 19 adalah Ali Amirrudin Ahmad.😀

Pembaca yang baik meninggalkan jejak di sini :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s