Persiapan Kerja Praktik

KPKerja Praktik adalah kegiatan mahasiswa yang dilakukan di instansi atau perusahaan untuk mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh selama di kampus dan melihat relevansinya di dunia kerja serta mendapatkan umpan balik perkembangan ilmu pengetahuan dari masyarakat maupun melalui jalur pengembangan diri dengan mendalami bidang ilmu tertentu dan aplikasinya, diharapkan setelah lulus mahasiswa yang bersangkutan siap untuk menjadi tenaga kerja yang profesional sesuai dengan kompetensinya.

Tujuan KP sendiri adalah agar mahasiswa mampu menyelesaikan masalah-masalah yang berhubungan dengan ilmu kegeodesian atau ilmu sesuai yang kamu pelajari pada lingkungan kerja yang sebenarnya. Intinya mahasiswa KP itu mengetahui dan paham peran mereka dalam perusahaan tempat mereka KP. Kalau perusahaan tempat KP memberikan pengalaman buat peserta KP, maka (seharusnya) peserta KP juga mampu memberikan timbalbalik berupa inovasi baru atau pemecahan masalah yang berguna buat perusahaan yang bersangkutan.

Lalu, apa aja sih yang perlu dipersiapkan sebelum kerja praktik?? Berikut urutan serta tips (alakadarnya) mengajukan Kerja Praktik berdasarkan pengalaman penulis:

  1. 1. Menentukan bidang tempat KP

Sebelum mengajukan proposal KP mestinya kita tentuin dulu pengennya KP di bidang apa. Kalau teknik geodesi, bidangnya : hidrografi, survey rekayasa, topografi, survey GPS, penginderaanjauh, SIG, dll. Pilih perusahaan yang sesuai dengan bidang yang kita inginkan. Jika belum tahu perusahaan mana aja yang sesuai dengan bidang yang kita inginkan, cari deh di mbah google atau tanya-tanya sama senior yang sudah pengalaman lebih dulu. Buat list beberapa perusahaan berdasarkan skala prioritas kita. Kalau urutan pertama ditolak, lanjut keurutan kedua, begitu seterusnya. Kalau bisa sekalian yang mendukung untuk tugas akhir pembuatan skripsi. Siapa tahu lulusnya bisa lebih cepat.

  1. 2. Memilih partner

Setelah menentukan bidang KP, selanjutnya pilih-pilih partner KP. Kelompok KP itu berdua atau lebih, umumnya sih berdua. Memilih partner KP itu tidak seperti milih calon pasangan hidup kok. Jadi, partner kita tidak harus lawan jenis. Malah baiknya itu yang sesama jenis (jangan dibaca homo), karena ntar pas KP kemana-mana kita akan selalu bersama (cukup selama KP aja, ga ada cinlok-cinlokan). Masalah lawan jenis atau sesama jenis tidak begitu penting, yang terpenting bisa buat kita nyaman bekerja sama, bisa saling membantu, saling menolong, dan saling-saling yang lainnya yang saling menguntungkan.

O iya, yang lebih penting lagi dari itu, partner kita harus sama-sama punya keinginan KP di tempat yang sama dengan kita. Ga lucu kan, kalau sampai di tempat KP partner kita ngambek ga mau kerja, terus minta pulang.

  1. 3. Menghubungi perusahaan/instansi

Saat kita membuat list perusahaan sekalian catat alamat email atau contact person yang bisa dihubungi. Kalau ada senior yang sudah bekerja di perusahaan yang kita tuju itu lebih bagus. Kita bisa minta bantuannya demi memperlancar proses pengajuan KP. Lebih bagus lagi kalau kita udah ada link yang tertaut karena silsilah keluarga. Itu (mungkin) akan jauh lebih memperlancar. *bisajadi😀

Saat menghubungi perusahaan/instansi, gunakanlah bahasa yang baik dan sopan. Jangan meneror dengan tiap sejam menelepon atau mengancam akan mengebom perusahaan jika tidak diterima. Kalau lewat email, jangan gunakan bahasa AL4y karena itu akan merusak mood mereka. Pakailah tulisan bahasa sesuai dengan EYD.

  1. 4. Membuat proposal KP

Setelah mendapat cahaya terang dari hasil proses telpon-telponan atau email-emailan dengan HRD. Saatnya membuat proposal KP. Membuat proposal ga perlu setebal buku telepon, tulis seperlunya aja. Pendahuluan, tujuan, peserta dan bidang kajian, tinjauan pustaka, metodologi, waktu pelaksanaan, penutup + curriculum vitae. Bingung? Ngedit aja masteran proposal KP angkatan sebelum kamu. Kalau kamu kreatif, bikinlah perubahan isi proposal tersebut dengan menambah, mengurangi, mengalikan atau membagi kalimat yang telah ada.

  1. 5. Mengirim proposal KP

Proposal udah siap dengan dibubuhkan tanda tangan. Kirimlah proposal tersebut berupa softcopy atau hardcopy, tergantung permintaan dari perusahaan. Kalau softcopy dikirim via email, kalau hardcopy dikirim via pos. Tahukan? Jangan kebalik.

Setelah mengirim, jangan lupa berdoa. Selain berdoa agar proposal kita tidak salah alamat karena alamat palsu, juga berdoa supaya proposalnya diterima dengan baik berikut peserta KP. Jika kamu diterima, kamu bisa lanjut ke step berikutnya. Tetapi jika kamu gagal, saya cuma bisa berkata “Sabar yaaa *pukpuk”.

  1. 6. Membuat Surat Perintah KP

Selamat ya kamu udah diterima KP. Selanjutnya bikin Surat Perintah Kerja Praktik (SPKP) di TU sana. Biar perusahaan yang menerima kamu KP yakin kalau kamu itu benar-benar diperintahkan oleh kampus untuk KP. Ini step yang paling gampang.

  1. 7. Persiapan berangkat KP

Apa saja yang perlu dipersiapkan? Tiket keberangkatan, tempat tinggal selama KP, akomodasi, dll. Kalau kamu beruntung kebutuhan tersebut dipenuhi oleh perusahaan. Kalau pengen tahu perusahaan apa aja yang baik hati itu, cari aja infonya dari senior yang sudah diperintahkan KP sebelum kamu.

Urusan yang berhubungan dengan perusahaan udah selesai. Jangan lupa ijin sama orang tua dan dosen pembimbing KP. Minta petuah dan nasehat dari dosen pembimbing untuk bekal kamu selama KP biar kamu tidak salah jalan dan tetap pada jalan yang lurus.

  1. 8. Finish

Finally, waktu keberangkatan KP telah tiba. Jangan malu bertanya saat KP, jadilah kepo yang baik dan sopan. Bawa uang lebih, buat jaga-jaga, jajan dan jalan-jalan. Bawa pengetahuan juga, belajar dulu sebelum KP sesuai dengan bidang tempat KP. Jangan malu-maluin kampus hahaha

Itulah sedikit tips yang mungkin bisa sedikit membantu kamu untuk memilih, menentukan dan melaksanakan KP. Mungkin langkah-langkah tersebut tidaklah tepat sesuai dengan urutan di kampus kalian. Tetapi secara umum saya rasa seperti itu. Semoga bermanfaat yaaa.

Hati-hati di jalan!! Selamat bertemu dengan pengalaman kerja baru!!🙂

2 pemikiran pada “Persiapan Kerja Praktik

Pembaca yang baik meninggalkan jejak di sini :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s