Tes CPNS 2014

Sedikit berbagi cerita di pagi hari ini, siapa tahu bisa bermanfaat nantinya.

Tahun 2014 ini diadakan tes cpns untuk berbagai formasi. Untuk saya yang notabene seorang freshgraduate Sarjana Teknik Geodesi tentu saya lebih mengutamakan formasi yang sesuai dengan bidangnya. Beberapa instansi yang membutuhkan seorang Sarjana Geodesi antara lain:

1. Kementerian Pusat: Kementerian ESDM (2 jabatan 2 alokasi), Kementerian Kehutanan (1 jabatan 1 alokasi), Kementerian Perhubungan (1 jabatan 1 alokasi), Kementerian Kelautan dan Perikanan (2 jabatan 2 alokasi), Kementerian Lingkungan Hidup (1 jabatan 1 alokasi), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (11 jabatan 28 alokasi), Kementerian PU (1 jabatan 1 alokasi), Kementerian PDT (Pembangunan Daerah Tertinggal) (2 jabatan 2 alokasi), dan Kementerian Perumahan Rakyat (1 jabatan 1 alokasi).

2.  Lembaga Pemerintah Non Kementerian: Badan Intelijen Negara (1 jabatan 1 alokasi), Badan Informasi Geospasial (2 jabatan 51 alokasi 9 penempatan), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (1 jabatan 1 alokasi), dan Badan Penanggulangan Bencana (2 jabatan 3 alokasi).

Dari rincian di atas terdapat 9 dari 28 Lembaga Kementerian dan 4 dari 28 Lembaga Non Kementerian pada cpns 2014 yang membutuhkan lulusan geodesi baik D3, S1 ataupun S2. Sebenarnya lumayan banyak formasi yang membutuhkan lulusan Teknik Geodesi baik S1 seperti saya, tetapi karena ada peraturan setiap peserta hanya diperbolehkan memilih satu intansi dengan 3 pilihan formasi maka kita harus jeli memenfaatkannya. Mestinya kita manfaatkan 3 formasi untuk cadangan seandainya pilihan pertama gagal atau pilihan kedua gagal, setidaknya harapan kita lebih banyak. Oleh sebab itu, saya memilih BIG sebagai pilihan tes cpns, karena di BIG saya bisa memanfaatkan penuh 3 formasi sesuai dengan kualifikasi pendidikan saya, Geodesi.

Tentukan strategi yang tepat dalam setiap pilihan dan setiap kondisi.

Setelah menentukan pilihan instansi, selanjutnya mendaftarkan diri ke panselnas cpns (Panitia Seleksi Nasional) dengan menggunakan NIK dan email valid sebagai syarat pendaftaran. Lalu, registrasi di kemenpan rb dan di BIG. Mengirim berkas-berkas, seperti SKL/Ijazah, transkip nilai, biodata hasil registrasi, fotolatar 4×6 belakang merah, fotocopy KTP, fotocopy surat akreditasi.

Bebrapa minggu setelah pengiriman berkas akan ada konfirmasi bahwa berkas telah diterima oleh instansi. Selanjutnya menunggu lagi akan ada pengumuman seleksi Tahap I, seleksi Adminitrasi.

Setelah melewati seleksi Tahap I, seleksi administrasi, dapat melanjutkan ke tes Tahap II, yaitu TKD (Tes Kemampuan Dasar). TKD cpns BIG 2014 dilaksanakan pada tanggal 21-22 November 2014 di BKN (Badan Kepegawaian Negara), dalam sehari terdapat 3 kelompok tes yang tersiri dari 86 peserta. Kelompok tes urut abjad sesuai nama peserta tes, beberapa formasi tes dibarengkan dengan formasi yang lain.

Di bagian depan lokasi tes, ada ruang tunggu untuk peserta tes sebelum memulai tes. Di sana juga terpasang layar LCD yang menampilkan jumlah nilai yang terdiri dari nilai TWK (tes Wawasan Kebangsaan), TIU (Tes Intelegensia Umum), TKP (Tes Karakter Pribadi) dan nilai total. Nilai yang terpampang di sana akan selalu ter-update setiap ada pengerjaan soal dari peserta tes.

20141121_090640

Monitor Ranking Test

 

Passing grade untuk masing-masing aspek penilaian adalah TWK 70, TIU 75 dan TKP 126. Penentu kelulusan TKD adalah nilai dari masing-masing aspek, bukan besarnya nilai total. Namun nilai total akan berpengaruh dalam ranking. Jadi untuk bisa melanjutkan tes Tahap III, TKB (Tes Kemampuan Bidang), adalah lulus TKD (melewati semua passing grade dari 3 aspek) dan masuk dalam ranking yang dibutuhkan oleh instansi. Umumnya, peserta yang bisa lolos ke Tahap TKB adalah 3 kali formasi yang dibutuhkan. Misalnya, formasi pilihan pertama saya adalah Peneliti Geospasial Dasar membutuhkan 3 , maka yang bisa lolos ke TKB adalah peserta yang mempunyai ranking 1-9 dari formasi Peneliti Geospasial Dasar.

20141120_153427

CAT (Computer Assisted Test)

Untuk pelaksanaan tes TKD, peserta wajib hadir 1 jam sebelum tes. Pastikan tidak salah lokasi tes dan tidak salah jadwal. Saat saya tes kemarin ada peserta CPNS yang salah lokasi pdahal waktunya tinggal setengah jam lagi. Setelah antri untuk registrasi ulang memastikan bahwa peserta tes sesuai dengan data peserta. Lalu, peserta akan mendaptak stempel logo BIG di tangan. Selanjutnya tanda tangan di bagian registrasi lain. Lanjut ke loker untuk menyimpan tas dan barang-barang yang tidak diperbolehkan dibawa, peserta hanya diperbolehkan membawa KTP dan kartu peserta saja. Selain itu tidak diperbolehkan, termasuk jam tangan maupun alat tulis.

Peserta memasuki lokasi ujian TKD dengan sistem CAT (Computer Assisted Test) di dalam ruangan yang sudah terpasang komputer seperti ruangan Laboratorium Komputer kalau disamain dengan semasa sekolah dulu. Sebelum tes akan dijelaskan tata cara pengerjaan tes. Pengawasan tes dilakukan menggunakan CCTV, pengawas hanya perlu mengawasi di dalam ruangan dengan hanya sesekali berputar mengelilingi peserta. Waktu tes 90 menit untuk mengerjakan 100 soal, masing-masing 35 soal TWK, 30 soal TIU daan 35 soal TKP. Silakan hitung sendiri berapa minimal soal yang mesti dikerjakan dengan benar supaya bisa lulus passing grade, sebagai pemanasan tes cpns😀

Bismillah. Selamat berjuang!!!

Satu pemikiran pada “Tes CPNS 2014

Pembaca yang baik meninggalkan jejak di sini :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s