One Step Closer

Mungkin cerita ini sudah basi karena seharusnya diceritakan beberapa bulan yang lalu. Berhubung aku (sok) sibuk maka baru sekarang bisa menuliskannya sebagai kenangan kalau aku pernah seminar hasil (selanjutnya disebut semhas). Melihat teman-teman Yomaners yang semakin hari semakin banyak yang seminar hasil tentu semakin bahagia aku sekaligus membuat mesin waktuku berputar kembali ke beberapa bulan lalu.

Setelah melewati tahapan wisuda yang ke-2 yaitu ujian kompre, maka selanjutnya adalah tahapan seminar hasil. Sebelum melaksanakan seminar hasil aku selalu berusaha memanfaatkan waktu bimbingan dengan dosen. Selain bertanya mengenai draft Tugas Akhir (TA), di akhir bimbingan aku berusaha sedekat mungkin dengan dosen dengan mengobrol di luar bahasan serius masalah isi tulisan TA.

Pernah saya bercandaan, “Pak, kira-kira saya bisa seminar hasil sebelum tanggal 20 Juni?” disusul dengan senyuman di akhir kalimatku. “Mungkin saja sih li”, jawab beliau pendek namun dengan senyuman sambil melihat aku dalam-dalam. “Emang kenapa kok pengen cepet-cepet lulus sih li?”, lanjut beliau.

Beberapa hari kemudian saat pulang ke rumah, aku ceritakan kejadian itu saat sekeluarga dalam perjalanan di dalam mobil. Ketika mendengar pertanyaan yang diajukan dosen saya tersebut, ternyata Ayah saya punya jawaban yang lebih ampuh. “Jawab saja, Saya pengen cepet nikah Pak. Pacar saya ga mau nunggu lama-lama.” Seketika semua orang di dalam mobil tertawa lepas mendengar jawaban konyol itu. hahaha

Sekitar seminggu telah berlalu dari obrolan dengan dosen pembimbing tersebut. Aku hampir tidak absen setiap 2 hari sekali ke kampus untuk maju bimbingan. Entah bimbingan ke dosbing (dosen pembimbing) 1 atau dosbing 2. Pikirku siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan mendapatkannya. Motivasiku selain itu adalah doa kedua orang tua yang tiap aku berangkat dari Sragen ke Semarang yang hampir ga pernah capek aku memintanya.

Ada cerita lain dibalik proses seminar hasilku. Suatu ketika aku mendapat info bahwa untuk bisa mengikuti wisuda periode ke-136 maksimal kelulusan tanggal 30 Juni 2014. Setelah mendapatkan info tersebut, aku langsung menghubungi ibuku. “Bu, doa kelulusanku diubah ya bu. Doa yang sebelumnya, semoga aku lulus bulan Agustus diubah menjadi aku lulus bulan juni yaa. Makasih Bu.” Aku sangat percaya dan yakin akan kekuatan doa orang tua. Mendengar permintaanku yang kesekian kali, dengan senyum yang sangat manis dan menenangkan ibuku menjawab, “Iya dek. Pasti ibu dokan.”

Waktu sudah mepet, bukan bermaksud lancang atau apa. Aku beranikan diri bertanya lagi ke dosbingku.

“Pak, TA saya revisinya tinggal sedikit ini saja kan? Saya sudah boleh mendaftarkan seminar hasil belum pak?”, tanyaku agak takut dan deg-degan kalau malah membuat beliau marah karena aku terlalu berani.

“Boleh kok li, segera diurus saja persyaratan seminar hasilnya sekalian tanyakan ke Pak Awal beliau bisanya kapan ya.”, jawab Pak BDY menenangkan dan melambungkan jiwaku terbang bahagia. Doa ibu dan ayahku sebentar lagi dikabulkan.🙂

MAN JADDA WA JADA ( Barang Siapa yang bersungguh sungguh pasti mendapatkannya).

Sesuai perintah Pak BDY, aku menemui Pak Awal untuk menujukkan draft TA yang telah saya revisi. Beliau membolak-balik setiap kertas dengan teliti sampai di kertas terakhir.

“Bagaimana Pak?”, tanyaku penasaran.

“Sudah oke. Pak BDY gimana?”

“Pak BDY juga sudah Pak. Kata Pak BDY, Bapak bisanya seminar hasil hari apa? Berarti sudah FIX ini pak?”

“FIX li.”

“Pak, di lembar asistensiku ditulisin ACC dong biar afdhol hehee”

“Lha kok malah mahasiswanya yang nyuruh nih hahaha”

ACC. Alhamdulillah aku bisa maju seminar hasil.

Beberapa hari kemudian ditempellah pengumuman jadwal seminar hasilku di papan pengumuman dekat ruang TU. Senin, 23 Juni 2014. Seminar hasil Ali Amirrudin Ahmad. Bismillah, sebentar lagi aku seminar hasil.

semhas3

Jadwal Seminar Hasil

Senin pukul 08.00 WIB, aku telah sampai dikampus dengan baju putih, celana bahan, sepantu pantofel dan 4 bendel jurnal Tugas Akhir di dalam stofmap. Proyektor untuk presentasi telah terpasang. Laptop telah siap dengan PowerPoint. Ruangan mulai diisi oleh teman-teman dengan doa mereka ketika memasuki ruangan untuk kelancaran seminar hasilku. Makasih teman-teman :’)

semhas

Selfie dulu biar ga grogi😀

Seminar hasil berjalan dengan lancar, pertanyaan dari teman-teman mendapat jawaban yang (kayanya) memuaskan. Beberapa masukan dari dosen menjadi catatan untuk perbaikan sebelum sidang pendadaran. Done. Seminar hasilku telah selesai.

semhas1

Cieee Semhas

Jangan pernah menyerah guys. Rajinlah ketemu dosen biar cepet seminar hasil hehee

One step closer.

Next chapter: Sidang Pendadaran.

Pembaca yang baik meninggalkan jejak di sini :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s