Path of My Career

Setelah wisuda, masalah barupun muncul. Eh, bukan masalah tetapi tantangan. Tantangan baru sudah di depan mata. Bukan lagi nilai mata kuliah atau proses panjang skripsi yang berada di lingkungan kampus, tetapi This is real world man. New world. Kuliah sudah selesai, lalu? Saatnya menunjukkan pada orang tua dan dunia bahwa mulai detik setelah wisuda, “Saya harus hidup mandiri. Saya adalah saya.” Sudah bukan jamannya lagi minta uang jajan ke orang tua. Semua kebutuhan hidup harus ditanggung sendiri, walaupun orang tua tidak sepenuhnya berkehendak seperti itu.

Muncul tantangan (red: masalah baru tentu harus ada solusi. Satu solusinya, cari uang sendiri dengan cara bekerja. Secara sudah sarjana. Ya kalaupun belum punya penghasilan bisa bedah tabungan dulu untuk menyambung hidup. Kalau tabungan tidak punya, bisa hutang dulu. Kalau hutang ke orang lain malu, hutang aja ke suadara sendiri (Ini yang aku lakukan)😀

Saran di atas bukan saran yang terbaik, kalau memang belum punya penghasilan masih hidup di belakang orang tua juga ga masalah. Asalkan semaksimal mungkin berusaha untuk segera mencari pekerjaan.

Musibah memang tidak selamanya buruk, selalu ada kebaikan dan hikmah di setiap kejadian. Kalau tidak ada berarti kejadian tersebut belum dipikir lebih mendalam lagi. Aku membuktikan sendiri, bagaimana ada hikmah bahkan rezeki dari jalan yang tidak pernah diduga. Janji Allah pasti akan ditepati. Pasti.

Flashback ke beberapa bulan sebelum wisuda #135, saat pengumpulan data skripsi. Ketika itu alat yang aku gunakan mengalami kerusakan. Alat survey yang aku gunakan adalah GPS geodetic milik kampus. Alat yang mahal untuk sekedar menyewanya apalagi membelinya. Beruntungnya diriku, ketika alat rusak aku diperkenalkan ke sebuah perusahaan service dan sales alat survey, PT. Adhimulia Interniagatama. Alhamdulillah, di perusahaan tersebut aku dipertemukan dengan orang-orang yang sangat baik. Aku tidak hanya dipinjamkan tetapi juga diajari cara penggunaannya. Masalah biaya. FREE!

Nah, di sinilah kekuasaan Allah. Setelah selesai pengumpulan data, dan skripsi selesai sambil menunggu upacara wisuda. Aku ditawarin untuk bergabung dengan perusahaan tersebut. Setelah selesai wisuda tanggal 11 Agustus 2014. Tanggal 18 Agustus 2014, aku secara resmi menjadi karyawan di PT. Adhimulia Interniagatama. Dari alat rusak malah mendapat pekerjaan.

Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?

Berjalan sekitar 4 bulan bekerja di PT. Adhimulia, sampai akhirnya waktu pelaksanaan Tes CPNS 2014. Pelaksanaan tes ada 2 tahapan, Tes Kemampuan Dasar (TKD) (22/11/2014) dan Tes Kemampuan Bidang (TKB) (10-11/12/2014). InsyaAllah akan ada postingan tersendiri buat perjalanan cerita selama Tes CPNS 2014. Jangan lupa sering-sering mampir di blog ini ahaha

Waktu pengumuman Tes CPNS 2014 lumayan lama. Sambil menunggu pengumuman tentu penghasilan terhenti sementara hidup tetap membutuhkan biaya. Oleh karena itu, beberapa hari setelah merenung dan mengadu kepada Allah masalah pengganguran yang tidak mengenakan. Aku ditawari oleh CV. Indomaps Survey, milik beberapa orang senior Geodesi 2009, untuk proyek di Cirebon (23/12/2014). Selama proyek harusnya ada cerita tersendiri juga ini. InsyaAllah nanti aku tuliskan lagi

Sekitar 20 hari di Cirebon, aku mesti pamit pulang lebih awal dari rencana sebelumnya. Lebi awal 2 hari sih. Dikarenakan ada panggilan tes dari salah satu kontraktor BUMN yang akan dilaksanakan Kamis (15/1/2015) di Gedung Teknik Sipil UGM, Yogyakarta. Rabu (14/1/2015) dini hari kereta dari Stasiun Cirebon menuju Stasiun Tawang melewati gelapnya malam. Lalu melewati beberapa tes lagi, sekitar 7 proses tes. InsyaAllah nanti aku tuliskan di postingan tersendiri untuk penjelasan tiap tahap tesnya berikut pengalamannya. See you🙂

Pembaca yang baik meninggalkan jejak di sini :)

