Sidang Pendadaran

Tepat setahun lebih dua hari yang lalu, saya melalui waktu pagi hari yang spesial. Hari itu adalah hari Jumat, tanggal 27 Juni 2014. Hari Jumat yang InsyaAllah barokah. Pagi itu saya bangun lebih fresh dan siap menghadapi hari bersejarah. Semalam saya sudah tidur lebih awal demi kondisi tubuh yang fit. Layaknya tidur awal dan berharap berkualitas yang biasa saya lakukan ketika mengikuti turnamen futsal. Bangun dengan bahagia dan penuh harapan, hari ini lancar dan membahagiakan.

IMG_20140624_112517

Baju putih yang sudah saya persiapkan kemarin sore dan baru saya pakai sebanyak 2 kali, saat seminar proposal dan seminar hasil. Selesai grooming untuk menambah kepercayaan diri, saya berangkat ke gedung B GKB lantai 3 sejam lebih awal untuk mempersiapkan ruangan dan lain-lain. Oke. Ruangan telah siap, tinggal menghubungi beliau yang akan menempati 3 kursi di balik laptop. Saya mulai membuka kunci screen handphone, lalu mencari nomer dosen pembimbing (dosbing) 1, pembimbing 2 dan dosen penguji. Sebelum menghubungi dosen-dosen tersebut, saya sempatkan menghubungi orang tua agar dimudahkan dan dilancarkan proses per-“sidang”-an ini. Dosen pembimbing 2 dan dosen penguji sudah dalam perjalanan menuju kampus. Sedangkan dosen pembimbing 1 masih belum bisa dihubungi. Saya yakin dosen saya tersebut sedang sibuk sekali. Jurnal dan TA yang lumayan tebal telah saya letakkan di atas meja panjang dibungkus stofmap dengan rapi.

“Robbis rohlii shodri, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii”

[Ya Rabbku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti erkataanku] – QS. Thoha 25-28

Waktu sudah menunjukkan 10.00 WIB, tepat jadwal yang seharusnya presentasi dimulai. Kedua dosen yang sangat berpengaruh dalam penulisan TA-ku juga sudah siap di tempat duduk masing-masing. Beliau berdua putuskan untuk menunggu dosbing 1. Tiga puluh menit berlalu, beliau berdua habiskan buat ngobrol.

“Kita tunggu 15 menit lagi yaa. Kalau belum datang juga, kita mulai saja.”

“Sementara kita mulai diskusi TA kamu secara informal dulu deh.”

Bla bla bla. Kami mengobrolkan bagaimana permasalahan-permasalahan yang saya hadapi ketika penelitian, metode pengamatan, data-data pendukung penelitian dari instansi terkait, dll.

Sekitar 15 menit kemudian, dosbing saya datang juga. Presentasi dimulai, dibuka oleh dosbing 1 yang mempersilakan saya untuk memulai presentasi. Lima belas menit awal diisi dengan presentasi yang saya jelaskan dengan powerpoint yang hampir sama dengan file saat seminar hasil. Lalu, mulailah dengan tanya-jawab. Dosen yang bertanya, dan saya yang menjawab. Bermodalkan catatan prediksi pertanyaan yang saya siapkan untuk mengantisipasi pertanyaan dari beliau. Ya, saya memang suka memprediksi kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi.

Selama sidang seperti apa, pertanyaan-pertanyaannya bagaimana. Silakan dirasakan sendiri atmosfirnya. Kalau saya ceritakan tidak seru lagi nanti sensasinya. Karena memang suasana seperti ini adalah suasana bersejarah. Satu yang pasti berdoalah.

Jumat barokah, entah ada hubungannya atau tidak dengan hari jumat. Durasi per-sidang-an saya kurang lebih hanya satu jam saja. Beliau bertiga satu persatu keluar ruangan dengan meninggalkan catatan-catatan di atas kerta putih TA. Tidak banyak sih, tetapi tidak sedikit juga. Saya puas dengan hasil kerja saya serta berkat doa dan bantuan orang-orang tersayang. Keluar ruangan saya disambut senyuman temen-temen dekat yang sudah nunggu di luar ruangan. Senyum yang juga bagian dari kebahagiaan yang aku rasakan. Kalian luar biasa banget!!!

IMG_0649

Kalian Keren Banget

Pengerjaan TA ini saya benar-benar merasakan seperti suatu keajaiban. Seakan masih tidak percaya, revisian doa yang saya ajukan kepada Ibu tercinta benar-benar menjadi kenyataan, sekaligus tulisan di atas whiteboard di kamar kostan menajadi kenyataan. MasyaAllah. Alhamdulillah.🙂

Pembaca yang baik meninggalkan jejak di sini :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s